auto cad jangan takut belajar sendiri

Posted on 17 Januari 2009. Filed under: Architecture |

Masa sekarang tututan untuk dapat menguasai berbagai software sudah tidak asing lagi. Apalagi bagi para engineer yang akan kerepotan jika melakukan pekerjaan terus menerus secara manual. Software seperti AutoCAD muncul sebagai salah solusi yang ditawarkan. Misalnya untuk membuat gambar komponen mesin atau benda lainnya dalam 2 atau 3 dimensi secara spesifik, AutoCAD bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini diberikan sedikit tips dan contoh penggunaan AutoCAD bagi Anda yang berminat untuk mempelajari AutoCAD sendiri.

Berikut ini beberapa hal dasar dan tips yang perlu Anda perhatikan ketika Anda mempelajari dan menggunakan AutoCAD sendiri.

  1. Pahami Alur Kerja AutoCAD Banyak buku yang mengajarkan Anda menggunakan tools terlalu detail. Klik line, klik di sini, ketikan koordinat ini, bla…bla..bla… Begitu pula jika Anda diminta membuat circle, rectangle, dan lainnya, tetapi beberapa saat setelahnya begitu anda mencobanya kembali, Anda sudah lupa. Hal ini memang wajar, karena tidak mudah menghafalkan banyak tool dan langkah.Kesulitan tadi bisa diatasi. Dengan menggunakan command line yang ada di AutoCAD, Anda tidak perlu menghafal tetapi cukup mengikuti perintah pada command line, dan Anda pun dapat mengggali lebih jauh tools yang ada. Berikut adalah command line yang ada pada AutoCAD.

    Fungsi commad line adalah memberikan panduan seperti halnya rambu di jalan raya agar Anda tidak tersesat. Cara menggunakan command line, pertama Anda pilih tool yang ingin Anda gunakan, kemudian perhatikan command line untuk mengetahui apa yang perlu anda lakukan selanjutnya. Jika command line meminta base point, maka berikan titik acuan. Jika diminta select object, maka pilihlah objek. Sederhana saja bukan? Anda cukup mengikuti petunjuk pada command line, dan memilih hasil seperti apa yang anda inginkan. Semakin kompleks yang ingin anda buat, maka semakin banyak pilihan yang anda temui di command line.

    Berikut adalah contoh penggunaan command line untuk membuat rectangle atau kotak.
    Untuk membuat rectangle, Anda bisa mengklik tool rectangle atau mengetikkan perintah rec, rectang, atau rectangle, maka pada commad line akan muncul tulisan seperti di bawah ini.

    Command: rec
    RECTANG
    Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:

    Seperti yang Anda lihat, diberikan 5 buah pilihan lain selain memberikan titik acuan rectangle. Jadi, misalnya Anda ingin agar sudutnya  berupa lengkungan maka Anda dapat memilih fillet dengan mengetik f.

    Jika Anda mengetik f maka akan ada perintah untuk memasukkan berapa radius lengkungannya.
    Specify fillet radius for rectangles <0.0000>: 15

    Kemudian anda tentukan titik awal dan akhir kotaknya, maka akan terbentuk kotak yang sudutnya berupa lengkungan. Jika Anda mengetik rectangle lagi maka nilai radius yang Anda masukkan sebelumnya akan muncul lagi. Jika Anda ingin membuat tanpa lengkungan maka Anda tinggal menulis 0 (nol) untuk radiusnya.

  2. Optimalkan Penggunakan Help File [F1] Help file adalah teman baik saat Anda mengalami kesulitan. Meskipun banyak forum dan situs yang dapat dijadikan referensi, tetapi help file selalu ada untuk membantu walaupun Anda tidak terhubung dengan internet. Jangan sampai karena help file berbahasa Inggris lantas anda malas membacanya.

    Sedikit tips dalam menggunakan help file di AutoCAD. Banyak orang mengakses help file dari AutoCAD, kemudian mencari topik yang diinginkan dengan search. Cara ini memang tidak salah, tetapi ada cara yang lebih praktis. Misal Anda ingin mengetahui apakah tool array itu. Anda aktifkan tool array dengan mengklik tool array atau menuliskannya pada command line, kemudian Anda tinggal menekan [F1], maka help file AutoCAD akan menampilkan penjelasan tentang array tersebut. Hal yang sama dapat digunakan untuk tool lainnya. Mudah kan?

  3. Jangan Terpaku Dengan Yang Diajarkan Teman atau Buku Banyak jalan menuju Roma. Begitu juga banyak cara untuk membuat suatu objek. Jangan terpaku dengan cara dari buku atau teman Anda. Mungkin saja dengan anda mengeksplorasi sendiri tool-tool yang ada, Anda akan menemukan langkah yang lebih optimal dibanding cara yang ditawarkan buku atau teman anda.

    Selain mengeksplorasi tool yang ada, Anda juga dapat mencari pelajaran yang Anda inginkan dengan menjelajah ke dunia maya. Anda bisa membuka google misalnya, mencari situs yang menawarkan tutorial. Beberapa situs yang penulis ketahui memberikan pengajaran atau tutorial adalah http://www.tentangcad.com, http://www.dailyautocad.com, dan http://www.ilmugrafis.com . selamat bereksplorasi!

Sumber : http://www.wikipedia.com, http://www.dailyautocad.com

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: