Cara mengisi Tinta Printer Canon pixma

Posted on 15 Januari 2009. Filed under: Uncategorized |

Hari keenam belas di bulan November, Jam menunjukkan pukul 02.15 dini hari. Sementara penghuni rumah lain terlelap tidur dalam kesunyian malam. Namun tidaklah demikian di rumah saya, dua orang manusia masih sibuk mengerjakan tugasnya masing-masing seperti hari-hari biasanya mahasiswa yang dikejar deadline.

Tiba-tiba Chendol berteriak setengah menjerit memecah kosentrasi saya, “waduh, tintanya habis… !!!!” Chendol adalah nama sayang adek saya yang sedang menempuh semester akhir di salah satu perguruan tinggi Yogyakarta. Saya tersentak mendengar teriakan itu, tugas TAT dan ujian statistika saya sendiri belum saya cetak, padahal hari itu adalah hari deadline penyerahan tugas dan ujian.

Tinta Cartridge Canon 830

Diantara perut yang kelaparan dan rasa kantuk yang memuncak, saya berpikir harus membeli tinta dimana pada jam segini? Printer saya saat ini adalah Canon IP-1880 dengan jenis cartridge tinta PG830, PG831 dan PG40, CL41. Mengapa canon begitu pelit? Dalam sebulan saya harus berganti tinta seharga 200ribuan itu. Saya hitung rata-rata satu cartridge tinta PG40 hanya mampu mencetak 400-500 lembar. Artinya setiap lembar cetak seharga Rp 400,-. Boros?

Dalam keadaan darurat, lalu munculah suatu ide untuk mengisi tinta tersebut sendiri. Kebetulan setahun yang lalu saya masih menyimpan satu botol tinta printer yang saya beli di pameran komputer. Awalnya saya mencoba mengisi cartridge PG40 dan berhasil. Lalu saya coba mengisi cartridge jenis PG830. Berikut ini adalah langkah-langkah mengisi tinta printer IP-1880 secara darurat :
1. Siapkan peralatan yaitu : 1 botol tinta, suntikan, pisau dapur, tisu, dan lakban hitam.

Peralatan Pengisian Tinta Printer Canon PG830

2. Buka penutup atas tinta dengan menggunakan pisau, pastikan mata pisau tepat di regangan antara penutup tinta yang berwarna abu-abu dan badan cartridge yang berwarna hitam. Belahlah seperti membuka buah kedongdong. (eh buah apa ya, yang membelahnya penuh tekanan🙂

Membelah Cartridge PG830

3. Anda akan melihat sebentuk kapas keras berwarna putih, atau hitam. Biasanya jika baru beli, hanya sedikit tinta hitamnya. Ini membuktikan bahwa produsen hanya mengisi tinta tidak semaksimal kapasitas cartridge tersebut.

Penampang Dalam Cartridge PG830

4. Lakukan pengisian dengan cara menyuntiknya atau meneteskannya. Lakukan perlahan, dan saya anjurkan jangan terlalu penuh, tapi secukupnya saja (tidak becek).

Isi Tinta Cartridge PG830

5. Pasang kembali penutup cartridge, dan untuk mengencangkannya, anda bisa menggunakan lem ataupun juga lakban tipis. Cartridge pun siap digunakan.

Cartridge Siap Digunakan

Saya tidak menyangka begitu mudahnya pengisian cartridge tinta Canon PG830 serta PG40, dan malam itupun adek saya bisa melanjutkan mencetak tugas-tugasnya begitu juga saya. Fiuh !

Meski sudah dapat digunakan, tapi saya belum menemukan cara untuk mengubah status tinta menjadi penuh. Cara sementara merubah status yaitu menggunakan cartridge printer yang masih penuh, lalu diganti dengan cartridge isian. Apakah ada yang tahu cara lain resetter pada printer Canon IP-1880?

Status Tinta Printer Canon IP1880

Catatan :
1. Hal yang sama dapat dilakukan dengan cartridge warna CL41/PG831. Isilah tinta sesuai dengan partisi warna yang terdapat dalam cartridge tersebut.

Penampang Dalam Cartridge CL41

2. Saya tidak tahu apakah mengisi cartridge sendiri adalah usaha ilegal atau tidak. Jika ilegal mengapa banyak sekali toko yang menyediakan jasa pengisian cartridge.

3. Saya agak kecewa dengan produsen tinta cartridge Canon, mengapa mereka mengisi cartridge tidak sesuai dengan kapasitas cartridge tersebut.

4. Saya merasa menggunakan barang yang tidak ramah lingkungan, bayangkan berapa cartridge Canon kosong yang harus saya buang dalam satu tahun.

5. Saya tidak bertanggung jawab bila Anda melakukan apa yang saya lakukan, dan kemudian terjadi hal-hal yang membuat suatu kerugian bagi printer Anda ataupun kerugian material dan non material bagi diri Anda. Dengan melakukan hal ini, tanggung jawab kerusakan dan kehilangan garansi menjadi resiko bagi Anda sendiri.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: