Apa Sih Linux Itu…

Posted on 15 Januari 2009. Filed under: Uncategorized |

Linux, sebuah kata yang makin hari makin populer di dunia komputer tetapi masih sangat asing di telinga banyak orang. Kalimat “Linux adalah salah satu sistem operasi komputer” bukanlah merupakan jawaban yang tepat bagi masyarakat awam. Artikel ini diharapkan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai Linux. Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dan komputer serta memungkinkan aplikasi untuk berjalan di komputer. Untuk lebih mudahnya dapat dikatakan bahwa: Windows™ adalah salah satu sistem operasi sehingga Linux adalah merupakan pilihan dan alternatif lain bagi yang menginginkan sistem operasi selain Windows™.

Sejarah Linux
Linux dikembangkan oleh sejumlah pemrogram terbaik diseluruh dunia mencakup profesor, mahasiswa ilmu komputer, adminstrator sistem komputer sampai perusahaan besar. Inti dari Linux itu sendiri adalah KERNEL yang dikembangkan pada tahun 1991 oleh seorang Finlandia bernama Linus Torvalds. Pada tahun 1991 itulah Linus mengumumkan tentang Linux di newsgroup dan sejak tahun itu jugalah orang-orang yang tertarik untuk mengembangkan Linux di seluruh dunia mulai memulai proyek pengembangan Linux. Mengapa orang tertarik untuk mengembangkan dan menggunakan Linux? Jawabannya sederhana: Linux dapat diperoleh dengan tanpa atau sedikit biaya, merupakan perangkat lunak open-source dan terbukti dapat diandalkan. Linux dilisensi dengan GNU Public Licence (GPL) yang mengharuskan source code atau ‘cara membuat/ memprogramnya’ dilepaskan untuk umum. Hal ini membuat Linux dapat didistribusikan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan selama cara modifikasinya pun dilepaskan untuk umum.
Kelebihan Linux
Sebuah paket distribusi Linux mempunyai banyak aplikasi dan dapat diperoleh dengan harga murah bahkan dapat diduplikat dan masih tetap legal . Mengambil contoh distribusi RedHat 5.2 dapat diperoleh dengan harga resmi $49.95 atau versi GPL-nya di Indonesia dengan harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000 tergantung penjualnya. Aplikasinya antara lain adalah utilitas untuk bahasa program populer seperti C, C++, Pascal dan lainnya, tampilan grafis (GUI) dengan X windows dan beberapa window manager, perangkat server seperti Apache web server, wu-ftp ftp server, sendmail mail server dan lainnya, Netscape Communicator, perangkat image processing dan lain-lain. Dengan sebuah CD distribusi kita bahkan dapat membuat servis internet atau intranet tergantung kebutuhan kita karena hampir semua aplikasi jaringan ada dalam Linux termasuk TCP/IP bahkan Appletalk, Ethernet, Novell IPX sampai jaringan radio paket. Untuk jaringan berbasis Windows™, Linux pun menyediakan fasilitas Samba untuk menghubungkan dan mengemulasikan servis-servis Windows™. Sekedar tambahan Linux didesain dari awal sebagai sebuah sistem operasi yang stabil. Oleh karena itu jarang sekali Linux mengalami kondisi crash dan apabila itu terjadi maka penyebab utamanya adalah aplikasi yang berjalan di Linux atau perangkat keras yang rusak. Kestabilan Linux sudah teruji dan pengukuran masa hidupnya didasari oleh minggu atau bulan dan bukan lagi jam atau hari. Kemungkinan untuk kebocoran memori atau “Press OK to crash” hampir tidak ditemui ketika mengoperasikan Linux.

Kekurangan Linux
Citra yang telah beredar adalah hingga saat ini Linux masih belum terlalu sempurna untuk pengguna biasa dengan pola “memakai saja, kalau ada masalah, sekecil apapun, hubungi bagian dukungan teknis” yang sayang sekali sangat mendominasi penggunaan komputer pada umumnya. Menggunakan Linux membutuhkan waktu, usaha dan pikiran yang lebih dari sekedar menggunakan komputer. Tetapi hal diatas telah berubah dengan cepat karena sudah banyak usaha untuk mempermudah penggunaan Linux seperti yang dikembangkan oleh KDE dengan tampilan ‘ala Windows-nya, GNOME yang memungkinkan tampilan GUI Linux yang indah dan dapat diubah sesuai kehendak penggunanya. Salah satu citra lain dari Linux adalah minimnya dukungan teknis yang baik serta terpercaya. Ini adalah citra masa lalu dan tetap menghantui perkembangan Linux. Dengan semakin diterimanya Linux di kalangan pengembang komputer maka semakin banyak pula perusahaan ataupun jasa-jasa dukungan teknis untuk Linux. Kuatnya mitos “Makin mahal harganya makin bagus produknya” sangat memojokkan Linux sebagai sebuah sistem operasi yang murah (dari segi harga) dan dapat diandalkan. Tetapi dengan terjunnya perusahaan perangkat lunak dan keras terkenal seperti Netscape, Oracle, Informix bahkan Intel dalam pengembangan Linux dan aplikasinya maka dapat dipastikan dalam waktu dekat Linux dapat menduduki posisi yang sangat diperhitungkan untuk diinvestasikan dan digunakan sebagai tulang punggung perusahaan.

Rangkuman
Secara singkat Linux merupakan salah satu jalan di masa depan. Linux adalah sebuah sistem operasi yang handal, dapat dipercaya dan efisien untuk digunakan baik oleh individu maupun perusahaan. Dengan sedikit menukar pola pikir “membeli” menjadi “mengembangkan” maka Linux adalah sebuah alternatif yang sangat berharga bagi waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk memahaminya.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: